Info Dapur

Ini adalah postingan tentang tips dan trik dapur untuk anda, mau tau apa saja  itu??

1. Menyimpan Terigu
    Bagaimana cara menyimpan tepung terigu agar tahan lama?

Caranya: simpan dalam wadah kering, bersih, dan tertutup rapat, di suhu ruang atau di dalam lemari pendingin. disuhu ruang, terigu hanya bertahan 6 bulan, tapi jika disimpan di dalam lemari pendingin bisa bertahan mencapai 15 bulan. Suhu yang rendah akan menghambat pertumbuhan serangga (kutu) yang sering merusak terigu.
Sebelum digunakan, keluarkan terigu dari lemari pendingin, biarkan hingga suhunya sama dengan suhu ruang.
Tujuannya , supaya enzim amilase dalam terigu dapat bekerja dengan baik, sehingga olahan yang dihasilkan akan tetpa berkualitas.

2. Apa itu Ghee?
    Ghee, termasuk jenis mentega yang mengalami proses penjernihan sehingga sebagian besar cairannya hilang. bentuknya mirip mentega biasa, tetapi lebih lunak dan jernih. Aromanya tajam dengan cita rasa gurih. meski dipanaskan pada suhu tinggi, ghee tidak mudah panas atau berasap. Jika tidak ada, dapat diganti dengan minyak samin atau mentega biasa dengan takaran yang lebih banyak.

3. Memilih Wadah Plastik Untuk Makanan
    Perlengkapan makan berbahan plastik mekin diminati. Selain ringan dan tidak mudah pecah, bahan plastik juga mudah dibentuk untuk berbagai keperluan.
Untuk perlengkapan makan, harus dipilih wadah plastik yang food grade (tidak berbahaya untuk makanan). Jika wadah tersebut digunakan untuk mmbawa bekal, sebaiknya kedap air, kedap udara, dan tidak menyerap bau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar