Tanaman Pengusir Nyamuk

Tanaman hidup pengusir nyamuk adalah jenis tanaman yang dalam kondisi hidup mampu menghalau nyamuk.
Dan jika dibandingkan dengan membeli obat penyemprot nyamuk, tanaman ini jauh lebih murah dan ramah lingkungan

Kemampuan jenis tanaman ini sebagai pengusir nyamuk bisa dianggap istimewa. Penyebabnya adalah bau menyengat tanaman ini, yang diduga tidak disukai serangga.
Penggunaan tanaman ini cukup mudah, yaitu cukup diletakkan didalam ruangan atau ditanam dipekarangan. Ada juga yang menggunakannya sebagai bahan baku obat gosok dan cairan anti nyamuk.

Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk.

1. Zodia (evodia suaveolens)
    Tanama ini berasal dari Papua.Orang Papua menggunakan daunnya untuk memghindari gigitan serangga dengan cara menggosokkan daunnya ke kulit mereka. Zat evodiamide dan rutaecarpine yang mengeluarkan bau tajam ini yang akan mengusir serangga.Setelah disuling, minyak zodia mengandung linalool yang mampu mengusir nyamuk hingga berjangka waktu 6 jam.



2. Lavender (lavandula angustifolia)
    Tanaman ini juga dapat dijadikan sebagai tanaman hias selain sebagai pengusir nyamuk karena bungannya yang indah. Setelah diolah menjadi minyak, lavender mengandung linalool asetat yang berfungsi sebagai bahan penolak serangga. Meski baunya harum, aroma minyak wangi lavender tidak disukai nyamuk.Selain untuk mengusir nyamuk, lavender sering digunakan sebagai aromatherapi.






3. Geranium
    Tanaman sejenis perdu ini mengeluarkan aroma khas, agak langu. Aroma yang keluar ini berasal dari kandungan zat geraniol dan stronelol yang tidak disukai nyamuk.Selain sanggup menghalau nyamuk, daunnya dapat pula untuk mengusir ngengat, sehingga dapat pula di simpan di lemari pakaian.

4. Suren
    Pohon suren bisa setinggi 20 meter.Dalam pohon ini terkandung zat surenn dan surenolakton yang dapat menghambat pertumbuhan serangga dan mengusir serangga. Bau daun dan kulit batangnya pun cukup tajam sehingga nyamuk takut untuk mendekat.

5. Serai Wangi (cymbopogon nardus)
    Tnaman ini mengandung zat sitronelal yang bersifat racun kontak. Racun tersebut dapat menyebabkan tubuh nyamuk kehilangan cairan sampai akhirnya nyamuk mati.

Nah, karena itu tak ada salahnya kita memilih cara yang lebih ramah lingkungan dengan memanfaatkan tanaman pengusir nyamuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar