Mencegah & Mengatasi Gangguan Kesehatan Akibat Stres

   Lain kali jika jantung anda berdebar-debar atau berdetak keras, tangan anda gemetar, jangan langsung takut karena menduga itu sebagai gejala serangan jantung atau stroke. Penyebabnya kemungkinan adalah stress.

   Saat ini, penyakit yang disebabkan stress terus meningkat. Untungnya, menurut para dokter, kita bisa meredakan stress dan gangguan kesehatan yang disebabkannya.
  • Kenaikan berat badan
Penyebabnya adalah cortisol, epinephrine, dan norepinephrine.Hormon-hormon stres ini membuat kita senang ngemil, juga meningkatkan produksi lipoprotein lipase, enzim yang membantu tubuh membangun lemak tubuh.

Solusi:
Sebuah studi menunjukkan, perempuan yang berolahraga secara teratur bukan hanya membakar lebih banyak lemak, tapi juga memproduksi sedikit hormon stres.Sering makan tapi dalam porsi kecil membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil yang menurunkan produksi hormon stres disiang hari.
  • Ketidakpuasan Seksual
Dalam keadaan sangat stres, otak beralih keposisi bertahan dan memberikan penekanan lebih pada kebutuhan-kebutuhan dasar seperti makan dan melindungi keluarga, ketimbang pada keintiman dan reproduksi.

Solusi: 
Segala sesuatu yang bisa meringankan beban stres anda bisa membantu membangkitkan kembali ketertarikan dan sikap responsif. Atau coba lakukan latihan relaksasi untuk meredakan stres. Dengan latihan pernapasan dalam atau yoga.
  • Sakit kepala terus menerus
Menurut National Headache Foundation (NHF), stres adalah salah satu pemicu utama sakit kepala sekitar 28 juta orang Amerika.
Solusi:
Dengan hanya berdiri tegak dan merilekskan bahu dapat mencegah sakit kepala pada lebih dari 80 % perempuan.
  • Rambut rontok
Hormon stres, cortisol diketahui dapat merusak folikel rambut,dan para ahli di New York university School of medicine mengatakan, hormon ini bahkan bisa melipatgandakan jumlah rambut yang rontok setiap hari.
Solusi: 
Konsultasikan diri anda ke dokter. Menurut para periset, kombinasi antara 2 obat topikal: minoxidil dan tretinoin (harus dengan resep dokter) dapat membantu menumbuhkan rambut secara dramatik, kendati selama stres tinggi.
  • Pikiran kabur
Stres dapat mengganggu ingatan dan kemampuan berpikir. Menurut para dokter, cortisol membuat sel-sel  otak tidak mendapatkan glukosa, sumber energi utama mereka.
Solusi:
Makanan padat gizi kaya karbohidrat seperti kentang dan pasta dapat secara cepat meningkatkan suplai glukosa ke otak.Lakukan hal-hal lain yang bisa mengurangi ketergantungan anda pada ingatan sampai pikiran anda menjadi jernih kembali.

Tip Meredakan Stres
Berikut, beberapa cara meredakan stres yang dampaknya sudah terbukti menurut beberapa studi.
  • Tuliskan 
Studi-studi menunjukkan, mengeluarkan unek-unek dalam bentuk jurnal selama 15 menit setiap hari dapat mengurangi simptom yang disebabkan stres sampai hampir 30%
  • Matikan
Survei menunjukkan, ponsel,telepon, dan bahkan mesin fax dapat menambah stres pada lebih 52% perempuan karena membuat mereka selalu siap dihubungi selama 24 jam sehari. Matikan semua gangguan ini paling sedikit 1 jam sehari.
  • Pijat
Studi-studi menunjukkan, pijat hanya selama 5 menit setiap hari dapat mengurangi produksi hormon stres sampai separuhnya.
  • Dengarkan musik
Untuk 96% perempuan yang stres dan resah, mendengarkan musik tenang bisa mengurangi stres.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar