Nutrien Pencegah Lupa

   Menurut Dr Elisa Lottor, dalam bukunya Female and Forgetful, stres membuat kita jadi pelupa.
Studi-studi menunjukkan, stres kronik bahkan dapat membuat hippocampus pusat utama ingatan mengecil.
Berikut, kebiasaan-kebiasaan gaya hidup dan nutrien terbaik pencegah lupa dan terbukti bisa melindungi dan meningkatkan ingatan.

1. Minum ginkgo biloba


Termasuk salah satu antioksidan ampuh yang terkenal dengan kemampuannya meningkatkan sirkulasi diseluruh tubuh dan otak.Mempunyai kemampuan melewati pembuluh darah tersempit untuk meningkatkan suplai oksigen ke jantung  dan yang terpenting adalah ke otak.
Para ahli menganjurkannya untuk meningkatkan kejernihan mental dan fungsi kognitif.


2. Konsumsi kedelai


Diet tinggi kedelai dapat meningkatkan ingatan jangka panjang maupun jangka pendek untuk gambar, pola, dan cerita. Kandungan isoflavone nya tampaknya berperan pada oestrogen dan reseptor didalam otak, terutama di hippocampus, bagian yang penting untuk ingatan.

3. Minum vitamin-vitamin B

Folid acid, vitamin B12, dan vitamin B6 menunjukkan dapat mengurangi kadar asam amino homocysteine.Senyawa yang ada secara alamiah ini dalam kadar tinggi dikaitkan dengan pengerasan pembuluh-pembuluh arteri, osteoporosis, dan penurunan kognitif.

4. Makan sedikit tapi sering

Banyak ahli menduga, kehilangan ingatan jangka pendek dan sulit berkonsentrasi  sering dapat disebabkan managemen gula darah. Sehubungan dengan itu, para ahli menyarankan untuk makan sedikit dan sering untuk menjaga suplai glukosa ke otak tetap stabil.

5. Coba ginseng

Secara umum dianjurkan sebagai tonik herbal, ginseng sudah digunakan di cina sebagai penangkal kekacauan mental. Jangan minum jika anda mempunyai tekanan darah tinggi atau diabetes.

6. Makan ikan berminyak.


Coba perhatikan orang Jepang yang pemakan ikan. Selain mempunyai harapan hidup yang lebih panjang, insiden untuk Alzheimer dan penyakit jantung juga rendah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar