Perlunya Menabung Kalsium

   Di usia senja , pengeroposan tulang biasanya terjadi. Dan itu alamiah. Tapi hati-hati sahabat wanita, pengeroposan tulang juga bisa terjadi pada usia dini atau usia produktif.Oleh karena itu kita harus sadar perlunya menabung kalsium.

   Dan faktor -faktor apa saja yang menjadi penyebab osteoporosis itu, mari kita lihat dibawah ini

1. Faktor Genetika
    Wanita Asia termasuk China dan ras lain yang berkulit terang lebih rentan terhadap osteoporosis, karena memiliki kepadatan massa tulang 5 hingga 10 persen lebih rendah dibanding wanita Afrika, Mediterenia, dan Aborigin yang berkulit gelap.

2. Usia
Hingga usia 30 tahunan pembentukan tulang masih terbentuk. Tetapi melewati usia 30 tahunan, proses perusakan akan lebih cepat daripada proses pembentukan. Dan perusakan itu bersifat alami.

3. Faktor Individual
Setiap orang memiliki kepadatan tulang yang berbeda, segingga setiap orang memiliki kecenderungan yang berbeda untuk terkena osteoporosis.

4. Riwayat Patah Tulang.
Jika seseorang pernah mengalami patah tulang, maka akan cenderung lebih mudah terkena osteoporosis.

5. Alkohol, Kafein dan Rokok.
Orang yang banyak mengkonsumsi alkohol, kafein dan rokok memiliki kecenderungan osteoporosis yang lebih tinggi.

6. Aktivitas Fisik Kurang
Orang yang tubuhnya kurang gerak, kurang beraktivitas, tidak pernah berolahraga, akan memiliki kecenderungan osteoporosis yang lebih besar. Ototnya mengecil karena tidak pernah digunakan bergerak secara normal.

7. Makanan Kurang Kalsium
Mengonsumsi nutrisi dengan kadar serat rendah- tinggi lemak akan menimbulkan kecenderungan osteoporosis yang tinggi.

8. Kesehatan Yang Kurang Baik.
Jika seseorang sebelumnya pernah terserang penyakit atau sering terserang penyakit, maka akan memiliki kecenderungan osteoporosis yang tinggi.

9. Minimnya Pengetahuan.
Karena minimnya pengetahuan tentang osteoporosis maka orang berkemampuan rendah untuk mencegahnya. Idealnya, pencegahan osteoporosis sebaiknya dimulai sejak kanak-kanak.

Nah setelah sahabat mengetahui tentang penyebab osteoporosis , maka daripada terlambat, yuk, dari sekarang kita menabung kalsium. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar